Air Terjun Lembah Anai, Indahnya Air Terjun di Pinggir Jalan

Air Terjun Lembah Anai merupakan air terjun yang berasal dari aliran air Gunung Singgalang. Air terjun ini tepat berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukittinggi tepatnya di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.
Ketika itu kami hendak berlibur ke Bukittinggi, perjalanan dari Pekanbaru menggunakan sebuah bus pariwisata berukuran sedang itu memakan waktu kurang lebih selama 7-8 jam. Selama perjalanan kami sangat memperhatikan bukit-bukit dan tebing yang sangat tinggi. Selain tebing dan bukit perjalanan dari Pekanbaru ke Sumatra Barat juga akan melewati jalan yang berkelok-kelok yang dikenal dengan kelok Sembilan, jalan ini memiliki tikungan tajam yang berkelok-kelok sebanyak Sembilan kelokan. Meski dipanas yang terik kami menyempatkan diri untuk singgah sejenak di kelok Sembilan untuk memperhatikan keindahan jalan ini dari tingkat atas dan berfoto bersama di pinggir jalan kemudian setelah itu barulah kami melanjutkan perjalanan hingga kami beristirahat disebuah rumah makan dan berniat untuk numpang bermalam, tak disangka tempat kami beristirahat ini sangat dekat dengan lokasi wisata air terjun Lembah Anai, air terjun ini benar-benar terletak dipinggir jalan sehingga kami kami dapat melihatnya ketika lewat tadi. Tak butuh waktu lama kami untuk beristirahat kami berbondong menuju air terjun karna hari yang sudah sore kami takut tak punya cukup waktu untuk bermain air. Dari penginapan hanya butuh 5 menit berjalan kaki menuju lokasi wisata, sesampainya disana kami masuk dengan dikenakan biaya 3.000 rupiah saja perorang.
Keseruan Di Air Terjun Lembah Anai

Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini turun dengan sangat derasnya dan membentuk sebuah lembah layaknya tempat untuk penampungan air tersebut, dilengkapi dengan bebatuan besar disekitar lembah, air yang jernih nan sejuk mengalir diantara bebatuan terlihat sangat indah. Saat kami berada disana kami dihujani dengan percikan air yang deras bagaikan kabut air hingga membuat baju sedikit basah, di samping lembah yang terbentuk ada sebuah tebing jadi kita dapat melihat air terjun dari tempat yang lebih tinggi tanpa takut basah. Selama disana kami menghabiskan waktu dengan cara masing-masing, ada yang berenang, ada yang sibuk berfoto, dan ada pula yang bersantai di atas batu besar. Oh ya di sepanjang jalan sekitar air terjun juga banyak terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman serta beraneka macam oleh-oleh khas Sumatra Barat.

Categories:

Leave a Reply