Jalan-jalan spiritual Wisata raja koto rajo

Koto rajo adalah salah satu nama desa yang ada di salah satu provinsi riau. Desa ini dikenal dengan tempat wisata spiritua. Dimana nama koto rajo itu sendir dalam bahasa indonesia artinya kota raja. Atau bisa dikatakan ibu kota pemerintahan raja pada masa itu. Tidak banyak yang tau sejarah tentang koto rajo ini dikarenakan kurangnya orang-orang di provinsi riau terutama di kabupaten kuantan singingi ini yang tertarik untuk membahas bagaimana sejarah di koto rajo ini khususnya dan sejarah-sejarah di kuantan singingi.
Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang koto rajo tapi tentunya dari sudut pandang penulis. Berdasarkan dari hal-hal yang melatar belakangi penamaan desa-desa yang ada di kabupaten kuantan singingi masih di pengaruhi oleh banyak latar belakang. Misalnya saja di kuantan singingi di setiap kenegerian biasanya pasti terdapat nama desa yang di awali oleh koto.
Misalnya saja koto benai, koto simandolak, dan koto-koto lainnya. Dan yang paling unik biasanya di setiap koto akan menjadi tempat berkumpul masyarakat sekitar, yang biasanya di adakan perkumpulan setiap hari kedua bulan syawal atau hari kedua idul fitri.
Tapi kali ini mengunjungi koto bukanlah dalam rangka hari kedua idul fitri melainkan proses pembelajaran tentang sejarah dan tentunya tidak terlepas dari wisata spiritual juga. Disini banyak pengalaman yang tidak bisa diceritakan sepenuhnya. Tapi yang pasti ini menjadi referensi bagi pembaca untuk bisa mengunjungi dan memperdalam tentang ilmu sejarah yang ada di kuantan singingi ini. Karena banyak sekali situs-situs sejarah disini yang tidak terekspos ke publik. Bahkan yang paling mengagumkan lagi di kuantan singingi menurut salah satu sejarahwan adalah bekas kerajaan atlantik yang hilang. Entahlah tapi yang pasti negeri ini sangat kaya dengan beragam tempat-tempat wisatanya. 
Rumah - rumah disini mirip dengan rumah panggung kalau disini rumah raja zaman dulu memang identik dengan rumah panggung tapi tidak usah khawatir rumah disini aman dan sangat2 kokoh karena dibuat dengan sistem pahatan yang luar biasa. Bahkan kalau tertarik coba saja lihat masjid-masjid yang dibangun pada masa raja-raja sungguh seperti sebuah keajaiban yang mirip dengan piramid dimesir. Mungkin inilah negeri yang tercinta tapi sayangnya semakin lama akan semakin hilang sejarahnya. Entahlah yang pasti tetap tanah ini tanah tercinta




Rumah raja di Koto Rajo

Tapi kali ini mengunjungi koto bukanlah dalam rangka hari kedua idul fitri melainkan proses pembelajaran tentang sejarah dan tentunya tidak terlepas dari wisata spiritual juga. Disini banyak pengalaman yang tidak bisa diceritakan sepenuhnya. Tapi yang pasti ini menjadi referensi bagi pembaca untuk bisa mengunjungi dan memperdalam tentang ilmu sejarah yang ada di kuantan singingi ini. Karena banyak sekali situs-situs sejarah disini yang tidak terekspos ke publik. Bahkan yang paling mengagumkan lagi di kuantan singingi menurut salah satu sejarahwan adalah bekas kerajaan atlantik yang hilang. Entahlah tapi yang pasti negeri ini sangat kaya dengan beragam tempat-tempat wisatanya. 
Rumah - rumah disini mirip dengan rumah panggung kalau disini rumah raja zaman dulu memang identik dengan rumah panggung tapi tidak usah khawatir rumah disini aman dan sangat2 kokoh karena dibuat dengan sistem pahatan yang luar biasa. Bahkan kalau tertarik coba saja lihat masjid-masjid yang dibangun pada masa raja-raja sungguh seperti sebuah keajaiban yang mirip dengan piramid dimesir. Mungkin inilah negeri yang tercinta tapi sayangnya semakin lama akan semakin hilang sejarahnya. Entahlah yang pasti tetap tanah ini tanah tercinta


Leave a Reply