Pestival pacu jalur, event kebanggaan Kuantan Singingi

Ngomongin Kabupaten Kuantan Singingi atau yang biasa dikenal dengan Kuansing tak kan lepas dari event kebanggaannya, apa lagi kalau bukan pestival Pacu Jalur. Event yang sudah mulai merambah dunia nasional ini memang menarik untuk dibicarakan.
Di Kuansing sendiri sebenarnya sangat banyak terdapat budaya dan kebiasaan masyarakat yang berbeda di setiap sudut daerahnya, bahkan jenis dan logat Bahasa yang digunakan pun terdapat perbedaan. Pacu Jalur adalah salah satu event budaya yang memang sangat dijunjung tinggi bahkan dapat juga dianggap sebagai sebuah pesta rakyat. Pacu Jalur diadakan setiap tahun dengan beberapa rayon yang dilaksanakan didaerah atau Kecamatan yang telah disepakati, salah satunya Kecamatan Benai yang biasanya menjadi lokasi rayon Pacu Jalur. Setelah dilaksanakan dibeberapa rayon barulah event yang sesungguhnya dilaksanakan di ibu kota kabupaten, yahh… Taluk Kuantan itulah namanya, dilaksanakan di batang kuantan yang diberi nama di tepi Tepian Narosa.
Pacu Jalur tentu saja berbeda dengan lomba dayung pada umumnya, jalur memang berarti perahu tapi parahu ini memiliki panjang bisa mencapai 25 sampai 40 meter dengan diameter sekitar 1,3 sampai 1,5 meter. Setiap Jalur digawangi oleh 22 – 25 anak pacu, satu orang berada di paling depan disebut dengan “tukang tari” yang biasanya dilakukan oleh anak – anak .  uniknya jalur-jalur ini diberi nama yang berbeda disetiap desa seperti Rawang Udang, Siposan Rimbo, Lilitan Akar Bunga Merah, Dewa Ruci Arung Samudra, Sembilan Langkah, dan Baju Barantai Sutan Benai. Nama nama itu tentu saja memiliki makna tersendiri dengan memiliki beberapa harapan tentunya. Disetiap Jalur juga memiliki dukun sebagai pengendali atau mempercayai hal-hal spiritual terhadap kayu besar yang dijadikan sebagai jalur tersebut. Pacuan Jalur menempuh jarak kurang lebih 1 km dengan ditandai 6 pancang hingga finish.


Pestival Pacu Jalur tak hanya sekedar pergi menyaksikan Jalur jagoan masing-masing bertanding tapi juga sebagai tujuan berlibur dan bersenang, pesta rakyat tentu saya hal yang sangat menarik. Pembukaan pacu jalur juga biasanya dibuka dengan kesenian-kesenian daerah serta kebiasaan adat selain itu juga adanya pestifal band-band dan artis ibu kota lainnya untuk lebih memeriahkan kegiatan ini. Pestival yang diadakan selama ini juga memanjakan pengunjung dengan berbagai kuliner dan gerai-gerai dagangan lainnya. Jadi biasa belanja sepuasnya J


Categories:

Leave a Reply