Bolu Kemojo, oleh-oleh khas Riau yang bercitarasa unik

Berwisata diwaktu libur tak hanya kita lakukan diarea wisata di kota kelahiran kita saja, banyak orang yang pergi berlibur keluar kota apa lagi para traveler sejati, tak hanya berburu tempat wisata tetapi juga berburu kuliner, setiap daerah memiliki budaya dan kuliner khas yang berbeda satu dengan yang laiannya . Jika anda datang ke kota Pekanbaru tentu saja harus ada buah tangan yang yang dibawa pulang bukan?. Nah saya akan rekomendasikan oleh – oleh yang menjadi primadona oleh – oleh khas Riau yaitu Bolu Kemojo.
Bolu kemojo ini pada umumnya dicetak berbentuk bunga sebesar telapak tangan orang dewasa dan berwarna hijau kecoklatan karna campuran rasa dan aroma khas pandan. Sejenak bolu kemojo ini dibuat dari bahan yang tak jauh berbeda dari bolu pada umumnya yaitu tepung terigu, telur ayam, garam, gula, margarin, vanili, namun yang membedakannya yaitu bolu ini menggunakan santan dan pandan yang diperas sebagai aroma dan bolu ini dimasak dengan cara dikukus. Karena kandungan santan didalamnya menjadikan citarasa yang unik dan manis. Bolu yang satu ini bertekstur legit, lebih kenyal dibagian luar dan lebih lembut dibagin dalam.

Saat anda berkunjung ke Pekanbaru, rugi bila anda tidak sempat menikmati cemilan khas yang memiliki tekstur dan rasa yang unik ini. Bolu kemojo ini juga sangat cocok disantap bersama teh hangat sebagai teman bersantai. Untuk dapat merasakan nikmatnya bolu ini tak perlu repot-repot untuk mendapatkannya karena bolu kemojo yang sudah dikenal hampir keseluruh Indonesia tersedia diberbagai toko yang menjual oleh – oleh khas Riau, selain itu bisa juga didapatkan di swalayan-swalayan dikota pekanbaru. Jika anda tidak menyukai rasa pandan, tak perlu khawatir karna sekarang bolu kemojo juga sudah tersedia dalam berbagai varian rasa dan bentuk diantaranya, rasa coklat, rasa durian, rasa nangka, rasa keju dan masih ada varian rasa lainnya, anda tinggal pilih rasa apa yang anda sukai.
Jika anda orang Pekanbaru yang merantau di kota lain, anda bisa membawakan rekan atau teman anda makanan khas ini sebagai oleh – oleh ketika anda pulang kekampung halaman. Yang harus diingat!. Bolu ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet serta berbahan santan jadi bolu ini tidak tahan lama hanya tahan berkisar 5 sampai 7 hari.
Karna cara perbuatan dan bahannya yang sederhana anda juga bisa membuat sendiri bolu kemojo ini dirumah.

Categories:

Leave a Reply