Indahnya Istana Siak 

            Istana Siak , dilihat dari penampakkan istana siak ini seperti bangunan yang ada di Maroko. Keren kan? Istana Siak ini merupakan objek wisata bersejarah yang ada di Indonesia, Provinsi Riau, Kabupaten Siak, biasanya dikenal dengan sebutan Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini dibangun tahun 1889 di masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Dulunya istana ini dijadikan sebagai tempat kediaman Sultan Siak, tapi setelah berakhirnya pemerintahan di Kerajaan Siak, istana ini dialihfungsikan sebagai tempat wisata bersejarah.
            Untuk bisa masuk kedalam istana siak ini, pengunjung diwajibkan membeli tiket,  untuk wisatawan domestik harga tiket sebesar 3000 untuk dewasa, 2000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar 10000 untuk dewasa. Setelah membeli tiket, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju pintu utama istana siak. Disini kita dilarang menggunakan alas kaki, jadi sandal atau sepatu harus dilepas dan pengunjung harus membayar sebesar 1000 untuk penyimpanan alas kaki mereka.
            Ketika memasuki istana siak, kita disambut oleh patung-patung yang ditata rapi,  menggambarkan  sang sultan duduk diapit oleh pengawal dan wakil-wakilnya. Disalah satu sudut istana ini ada cermin yang terbuat dari Kristal milik permaisuri. Istana ini terdiri dari 2 lantai dan memiliki 2 buh wing, disebelah kiri dan kanan. Kedua wing ini terletak di lantai dasar. Di wing kanan, ada meja panjang seperti meja pertemuan gitu. Cantik deh, karena diatas meja ini ada vas bunga yang imut dan lucu. Ada juga alat musik klasik yang namanya komet. 

            Di wing sebelah kiri, ada piring makan dan alat makan lainnya. Ada juga foto sultan siak bersama permaisurinya dan foto-foto kegiatan selama masa pemerintahan kerajaan tempo dulu. Baru dilantai dasar aja aku udah terkagum dan terkesan, apalagi kalo udah lihat yang dilantai atas ya, hihihi.. Untuk sampai dilantai antas, ada 2 buah tangga yang difungsikan sebagai tangga turun dan naik. Jadi tangga yang dipake untuk naik dan turun berbeda loh. Tapi untuk jumlah pengunjung yang ada dilantai atas dibatasi hanya sampai 50 orang saja, mungkin karena bangunan ini udah tua.
            Di lantai atas terdiri dari beberapa bilik yang dulu merupakan kamar dari sultan dan permaisurinya. Didalam bilik-bilik ini  tersimpan beragam peninggalan kerajaan, seperti pakaian dan lainnya. Aku dapat banyak banget informasi dari para penjaga istana, tapi kalo mau tahu informasi detail nya bisa membaca penjelasan singkat yang sisipkan  didekat barang-barang peninggalan tersebut. Seru kan, seru banget dong, apalagi disekitar bangunan Istana Siak ada toko yang menjual oleh-oleh yang berkaitan dengan istana siak. Lengkap kan, liburannya dapat, ilmunya juga dapat. J

Categories:

Leave a Reply