Wisata Spiritual di Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura

            Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura terletak di Indonesia, Provinsi Riau, Kab. Siak, Kec. Senapelan, Kelurahan Bandar. Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura merupakan objek wisata bersejarah sekaligus objek wisata religius. Hebat! Banyak peziarah yang berkunjung ke Makam ini, terutama pada saat bulan suci Ramadhan. Didalam Makam ini terdapat Makam Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah, beliau adalah Sultan yang memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura dari Mempura ke Bukit Senapelan pada tahun 1762.
             Makam lainnya ada  Makam Sultan Muhammad Ali yang merupakan sultan ke lima dari Kerajaan Siak dan sebagai pendiri Kota Pekanbaru. Baru tau kan? Sama aku juga, hehe.. Makam Sayid Osman Sahabuddin yang menjadi menantu Sultan Alam sekaligus menjadi panglima perang Kerajaan Siak Sri Indrapura. Selanjutnya ada makam Sultana Khodijah yang merupakan Istri dari Sultan Alamudin Syah. Makam Tengku Embong Badriah istri dari Sayid Osman Sahabuddin, anak Sultan Alam. Makam Sayid Zen Al Jufri, cucu sultan alam.
Makam Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah

             Letak Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura ini gak jauh dari Istana Siak nya. Melalui jalur darat membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam dari pekanbaru dengan alat transportasi roda empat. Setelah sampai di Kab. Siak aku gak langsung menuju Istana Siak, kebetulan sampainya siang, jadi aku mau makan siang dulu. Aku makan siang dari bekal yang udah aku siapin dari rumah. Selesai makan siang, aku langsung menuju loket penjualan tiket, penitipan sepatu (alas kaki) dan memasuki Istina Siak. Gak jauh dari Istina Siak ada bangunan yang cukup gede, bangunan ini gak tampak seperti makam loh. Bagunan yang gak mirip makan ini adalah Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura. Dari jauh memang gak seperti makam, tapi coba deh didekati. Ternyata ada beberapa makan di dalamnya.
             Untuk masuk ke Makam ini, khusus perempuan harus menggunakan tutup kepala (jilbab), katanya untuk menghormati Sultan dan keluarganya yang di makamkan di Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura ini. Diantara makam yang ada di Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura ini, ada satu makam yang tampak lebih besar dari makam lainnya dan tampak megah, inilah makam Sultan Kerajaan Siak, Sultan Alamuddin Syah. Disamping makam Sultan ini ada beberapa makam anggota keluarga Sultan yang lain. Suasana didalam Makam Kerajaan Siak Sri Indrapura ini berbeda loh, sejuk dan menenangkan.

Categories:

Leave a Reply