Pantai Selat Baru, Pantai Indah Di Bengkalis

Aku suka banget ke pantai. Karena di pantai itu aku merasa bebas, seperti hidup ini sangat menyenangkan gak ada satupun hal yang tidak menyenangkan, hehe.. Di Indonesia, Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis, Kecamatan Bantan, Desa Selat Baru ada pantai yang dikenal dengan nama pantai selat baru. Ketika aku berkunjung ke pantai itu, ternyata banyak juga pengunjungnya. Gak rugi deh sampai di pantai ini, pesona alam yang disajikan sangat indah. Pantai Selat Baru merupakan salah satu objek wisata bahari dan pantai dengan suasana yang masih alami.
Menurut Informasi yang aku dapat dari penduduk sekitar, ada sebuah kisah sejarah dibalik nama dari Pantai Selat Baru ini. Selat Baru merupakan nama yang diberikan oleh seseorang berkebangsaan Belanda dengan pangkat sersan pada masa penjajahan Belanda tempo dulu. Alasan kenapa si sersan (Conroleur) memberi nama pantai ini Pantai Selat Baru adalah untuk memperluas daerah jajahannya ditahun 1927. Pantai Selat Baru dikenal sebagai pantai dengan gelombang yang tenang dan stabil, sehingga banyak juga yang berenang, surfing dan lainnya.
Tau gak? Jarak antara laut dengan bibir Pantai ini mencapai sekitar 200 meter. Didekat pantai ini, banyak terdapat pedagang yang menjual makanan seperti pop mie, kerang, es kelapa dan lainnya. Sayang banget pas aku sampai di pantai ini, harus nunggu airnya pasang surut. Untuk mengisi kekosongan, aku duduk disalah satu warung yang ada ditemani segelas es degan (kelapa). Rasanya santai banget, menikmati pesona pemandangan alam berupa hamparan pantai, membentang sepanjang 2 kilo meter ini. 
Pantai Selat Baru, Bengkalis

Ada beberapa kegiatan tahunan yang diselenggarakan di Pantai Selat Baru ini. Biasanya kegiatan ini berupa pertunjukkan dari kesenian dan kebudayaan tradisional khas masyarakat Kab. Bengkalis. Keren banget deh, gak cuma pemandangannya aja yang mempesona, tapi juga banyak ilmunya semisal aku dapat ilmu baru tentang kesenian dan kebudayaan tradisionalnya, mantap kan? Eh, ada juga loh perlombaan yang diadakan seperti Perahu Jong dan Layang-layang. Seperti kegiatan Kesenian dan Kebudayaan Tradisional, Perlombaan ini juga diadakan setahun sekali. Wah, enak banget kan, aku jadi pengen ikut serta nih lomba layang-layangnya.
Nah, untuk sampai di pantai Selat Baru ini, aku harus menggunakan jasa penyebrangan dengan menggunakan kapal melalui kota pekanbaru, menuju Kab. Bengkalis. Pokoknya seru, seru dan seru.

Categories:

Leave a Reply