Wisata gelombang ombak “BONO”

            Bono merupakan salah satu objek wisata yang ada di Indonesia, provinsi Riau, Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Kecamatan Teluk Meranti, Desa Teluk Meranti. Bono merupakan gelombang ombak air sungai Kampar dengan ketinggian 4 sampai 6 meter. Tinggi banget kan untuk ukuran gelombang di sungai?.  Bono ini satu-satunya fenomena alam air laut yang mengalir ke sungai dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi  gelombang dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan suara seperti angin kencang dan Guntur.
            Pasti belum banyak yang tau kan, aku aja baru tau sekitar 3 tahun yang lalu, dan mengunjunginya sekitar 1 tahun yang lalu. Bono ini termasuk objek wisata yang digolongkan sebagai keajaiban objek wisata dunia. Biasanya kan kalo peselancar surfing nya ditengah laut, tapi kalo di Kab. Pelalawan, Kec. Teluk Meranti, Desa Teluk Meranti  ini, peselancar melakukan surfing di tengah sungai. Hebat kan, aku udah buktiin dengan liat sendiri, walaupun bono kecil. Menurut masyarakat setempat, Bono itu ada yang kecil dan ada yang besar. Bono yang kecil yang terjadi setiap hari (bisa siang bisa malam), tapi Bono yang besar terjadi 1 tahun sekali. Nah, biasanya nih pas Bono besar, banyak wisatawan asing yang berbondong-bondong datang ke Desa. Teluk Meranti Ini.
            Masyarakat sekitar memanfaatkan gelombang Bono untuk surfing dengan papan selancar. Saat musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar ini membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari loh, siang ataupun malam. Objek wisata Bono ini lebih dikenal dengan sebutan Bakudo Bono. Pada saat weekend rame banget wisatawan mancanegara yang surfing. Menurut para wisatawan tersebut, gelombang Bono bisa bertahan lebih lama, daripada gelombang dilaut, sehingga karena itulah mereka menunggu saat datangnya Bono Besar. Keren banget kan? Kalo dari jalur darat dengan mengendarai kendaraan roda empat menempuh jarak yang membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam menuju objek pariwisata tersebut dari Pekanbaru.
BONO di Teluk Meranti

            Ceritanya nih, dulu sebelum tahu kapan Bono ini datang, banyak penduduk setempat yang jadi korban, tapi alhamdulilah sekarang penduduk setempat udah tau kapan Bono datang. Gelombang Bono ini kuat banget loh, dulu banyak rumah penduduk yang habis dilalapnya. Btw, untuk para wisatawan udah disediakan tempat yang nyaman untuk menginap. Tapi, makanan disini mahal, jadi kalo mau berkunjung untuk melihat Bono, bawa bekal dari rumah ya dan jangan buang sampah sembarangan. Ok.

Categories:

Leave a Reply